Jumat, 21 Mei 2010

My Name is Khan

dalam sejarah menonton film di 21, ini adalah film pertama yang rie tonton ampe 2x di bioskop plus pilem India pula!! pertama kali nontonnya di Bandung, bulan Februari kemaren, dan hari ini rie nonton lagi dlm rangka kewajiban free pass 21 :-D


film ini mengisahkan tentang perjalanan panjang seorang India penderita sindrom Asperger bernama Rizwan Khan untuk menemui presiden Amerika dan mengatakan "My name is Khan and I'm not terrorist" (kalimat ini jg jd tagline nih film). sebagai penderita asperger, Rizwan memiliki ketakutan pada tempat baru, orang, suara keras dan warna kuning namun dikaruniai otak yang pinter bgt, dan rasa toleransi yang sangat tinggi


film ini mengangkat tema yang ga biasa, isu SARA dan perlakuan diskriminasi terhadap kaum muslim di AS pasca 9/11. banyak hal yang dijelaskan secara sederhana dan mengena pada film ini, contohnya ketika rizwan kecil tiba2 mengungkapkan kalimat bernuansa kebencian yang didengarkannya dari tetangga, sang Ibu menjelaskan dengan 2 buah gambar, gambar pertama ilustrasi Rizwan dan seseorang yang memukul, org ini di bilang orang jahat. gambar kedua ilustrasi Rizwan dan seseorang yang memberinya manisan, org ini dibilang orang baik. nah sang ibu meminta rizwan untuk membedakan mana yang hindu dan mana yang muslim diantara orang baik dan jahat tersebut..rizwan bilang tidak bisa membedakan, dan ibu nya mengatakan di dunia ini yang ada hanya orang baik dan orang jahat. intinya mo mereka org baik atau jahat semua tergantung pada org itu sendiri bukan pada agamanya.


perjalanan rizwan untuk menemui presiden diawali dari tragedi terbunuhnya anak tiri Rizwan karena digebukin tmn2nya akibat dia seorg muslim. kemarahan istri rizwan yang beragama hindu, menyebabkan rizwan hrs pergi dan satu2 nya cara untuk bs kembali adalah dia harus menemui presiden untuk bilang dia bukan teroris.
Rizwan pergi dengan keinginan untuk kembali dan mengatakan pada istrinya menjadi muslim bukanlah hal yang buruk.


di fim ini juga menggambarkan bahwa ibadah tidak tergantung pada tempat dan lingkungan sekitar namun tergantung pada keyakinan dan kepercayaan kita sendiri. so.. rie harus ingat klo dimana pun rie berada ga boleh lupa buat sholat!! karena sholat bukan kewajiban tapi kebutuhan.


seperti biasa film india ga lengkap klo ga lebay.. yang plg berasa lebay adalah ketika terjadi badai dan tidak ada bantuan bisa masuk ke lokasi bencana tapi kok nih rizwan superior bgt bs masuk seorg diri ke sana..dan jangan lupakan adegan mengibaskan rambut plus basah2an ala film india.. smua ada.. wkwkwkwk.


salut deh buat keberanian mengangkat tema yang ga biasa dan sukses menyajikan nya sebagai tontonan menarik.


dan rie ingin bilang " RIE BANGGA MENJADI SEORANG MUSLIM" :-D


psst :

review ini ditulis krn rie mls jelasin via ym ttg nih film (maklum kepanjangan)
poster film dipinjam dari sini

2 komentar:

salty_fish mengatakan...

hobby itu namanya.. nonton pilem india ampe 2x..
Yang ke 3 dapet payung Buuuuu'..wkwkwkw..
*sambil kabbuurr takut dilaporin AsMen SDM.. ;p

luvrie mengatakan...

ngiri ya om?? ayo nonton untuk yang ke 3x nya,lumayan klo dpt payung. wkwkwk

eitt ini blog pribadi rie ga boleh bawa2 asmen :-D