Selasa, 29 Juni 2010

SIGAP

keikutsertaan rie dalam project ini berawal dari ajakan 2 orang teman untuk bergabung dalam tim mereka untuk mewujudkan sebuah ide kedalam bentuk aplikasi yang kemudian kita sebut SIGAP (Sistem Informasi Gangguan Arus Terpadu).

ide tersebut adalah bagaimana memperkirakan jarak titik gangguan pada jaringan tegangan menengah.
Input untuk aplikasi ini adalah data penyulang yang trip, indikasi gangguan (1/2/3 Phasa) dan arus gangguan.  
output dari aplikasi ini adalah sms yang dikirimkan ke petugas gangguan, sehingga diharapkan dapat membantu petugas gangguan untuk menemukan dan memperbaiki gangguan tersebut, yang pada akhirnya dapat menekan SAIDI atau lamanya waktu padam yang dialami pelanggan listrik.

sejujurnya rie bingung karena di satu sisi load pekerjaan rie juga lagi tinggi banget,dan rie ga punya basic apapun yang berkaitan dengan elektro dan distribusi plus ga punya bayangan gmn caranya mewujudkan ide ini, jadinya mumet met met.
tp disisi lain rie jg ingin mencoba sesuatu yg baru, yaa biar ga jenuh dan terpacu untuk terus belajar.

finally rie putuskan untuk bergabung dengan satu syarat rie hanya mendesain sistem secara umum, dan fokus pada pengerjaan database sedangkan untuk front end aplikasi dan gateway sms, rie minta dikerjakan tmn satu tim. karena rie takut keteteran dan ujung2nya malah ga kelar.

setelah melewati proses pencerahan yang cukup panjang dari 2 teman satu tim, mengenai perhitungan yang diperlukan serta informasi jaringan listrik de el el dari Ges yang memang berkecimpung di distribusi, dan alur sms gateway dari CasCus. rie membuat sebuah rancangan sederhana mengenai sistem yang akan di bangun

1. Sistem ini memanfaatkan 2 database yaitu SQL dan MySQL
SQL untuk mendukung operasi sistem secara keseluruhan dan MySQL untuk dukungan SMS gateway
proses perhitungan dilakukan pada procedure database dengan iterasi pengulangan dilakukan berdasarkan panjang jaringan. per 100 meter.

2. Sistem yang dirancang memiliki 2 mode input offline dan online
pengertian online disini adalah sistem memungkinkan untuk terintegrasi dengan SCADA dan eMap untuk data-data ganguan dan data jaringan, sehingga tingkat akurasi sistem lebih tinggi.
mengingat proses integrasi tidak semudah membalik telapak tangan..untuk input data gangguan dipersiapkan mode offline dari front end aplikasi, dengan user adalah petugas AJ atau Dispatcher dari APD

3. Front end aplikasi dibangun berbasiskan web untuk mempermudah akses.
4. output aplikasi adalah SMS data gangguan berupa nama penyulang,nama relay, dan indikasi gangguan serta perkiraan lokasi atau titik gangguan dengan toleransi +/- 100 meter.

Perhitungan njelimet dalam sistem ini berasal dari rumus perhitungan arus dengan mempertimbangkan variabel R dan X dari sumber (GI) dan jaringan.

Sistem ini telah kami presentasikan pada ajang champion product tanggal 28 Juni 2010 dengan hasil hujanan komentar dari dewan juri terutama berkaitan dengan tanda tanya besar apakah mungkin diintegrasikan dengan SCADA secara langsung?? jalan tengah yang kemudian diambil adalah jika SCADA tidak memungkinkan diakses secara langsung maka akses data akan dialihkan dari data gangguan yang dikeluarkan APD via web secara real time.
Tanda tanya besar lainnya adalah bersumber daei ketidakpercayaan pada data jaringan dan teori. pertanyaan ini sebenarnya membuat rie tersenyum... jika data jaringan tidak dipercaya, bagaimana kita bisa mengatur pengelolaan dan perencanaan jaringan ?? dan jika teori tidak dipercaya bagaimana kita membuat implementasi??
seperti yang kita ketahui bahwa proses komputasi berpegang pada prinsip GIGO (Garbage In Garbage Out) sehingga tingkat akurasi data hasil sistem bergantung pada validitas data pendukung dalam hal ini data dan teori adalah dasar pembangunan sistem.

terlepas dari apakah sistem yang kami bangun dikemudian hari akan diimplementasikan atau tidak, ikut serta dalam project ini telah memberikan warna baru buat rie.

Special thanks to Ges yang udah sabar banget ngajarin rie dan cascus segala macam teori yang berkaitan dengan project ini, maklum level kompetensi kita disini blh dibilang NOL besar
(ketemu rumus bikin kangen ma fisika dan kalkulus yang udah rie lupain :-D )

psst : rumus arus sengaja ga rie masukkin disini, biar nih postingan ga kyk jurnal ilmiah...maklum rie ga bkt nulis yang berat2 hehehehe

2 komentar:

Rha mengatakan...

slamat ya, dah jadi juara...
smoga sukses dilangkah slanjutnya, aminn....

ditunggu traktiran i-Phonenya :D

luvrie mengatakan...

amin...makasih ya rha