Minggu, 18 Oktober 2009

Great Bunaken

Alhamdulilah aku pernah memperoleh kesempatan nginjakin kaki ke bumi Celebes atawa Sulawesi.. gratisss alias dibayarin kantor he he he. Perjalanan pertama ku ke Sulawesi adalah menuju Manado di Utara Sulawesi untuk memperjuangkan hasil karya kami dalam lomba inovasi PLN 2009.

Jujur aja satu2nya motivasi ku ikut lomba ini karena seleksi regional untuk Jawa Bali diadain di Manado, aku pengen ke Bunaken!! Wlo aku ga bisa berenang tp aku sangat menyukai snorkeling, tentunya dengan modal wajib live vest donk.


Untuk menuju Taman Laut Bunaken, dari Manado kita naik perahu menuju pulau Bunaken dengan biaya sekitar 50rb per orang, perjalananya ga terlalu lama paling 30-45 menit aja. Perahu yang kita tumpangi juga dilengkapi dengan kaca di dasarnya, jadi kita bisa liat tuh terumbu karang yang indah.

Jangan khawatir klo ga bawa perlengkapan snorkeling, di Pulau Bunaken ada penyewaannya juga, masker,kaki katak dan live vest sekitar 50-70rb, klo mau foto2 di bawah air juga bisa sewa kamera ato casing nya doing biaya nya sekitar 250-350rb, sayangnya pas waktu kita kesana karena terlalu semangat jadi lupa deh mo nyewa kamera.

Terumbu karang nya indah banget wajar aja klo taman laut ini jadi perhatian dunia, ikan2 pun berseliweran dgn cantik nya dan untuk pertama kalinya aku liat NEMO,si ikan badut lucu banget. Wlo sempat serem juga sih pas liat ada ular laut, yang awalnya aku kira selang air!!

Berbeda dengan di Lovina dan Lombok, terumbu karang disini berada di laut yang dangkal kedalamannya sekitar 1 meter, jadi harus hati2 jangan sampai menginjak nya, karena klo diinjak dia akan mati dan perlu puluhan tahun untuk menumbuhkan terumbu karang baru.


Guide kami adalah rekan OJT dari PLN Manado tp ga tau angkatan berapa dan juga tukang perahu yang baik hati, ngasih liat kami keindahan tebing di taman laut. Subhanallah indah banget, disini jg jd spot diving. Wlo ada rasa takut karena dalem banget, smuanya indah dan pas di tebing aku ga berani lepasin tangan ku dari pegangan tuh tukang perahu.

Taman laut bunaken luas banget, karena capek ga smua nya bisa di jelajahi. Next time klo ada kesempatan lagi aku pengen balik kesana, sebenarnya sih aku pengen bgt bisa diving tapi masalahnya satu aku ga bs berenang!! Kata temen ku yg kerja di Diving Centre, aku kudu wajib harus bisa berenang dulu klo mo belajar diving.

Sekedar tips buat yg mau traveling ke Bunaken

1. Jangan lupa ama sunblock, ga cm buat wajah tp juga buat kaki tangan pkknya yang ga tertutup deh, coz klo dah di air ga berasa lagi dah panas nya tau2 dah kena sunburn dah kulit kita, jadi wajib pake.
2. Topi, sunglasses, baju lengan panjang bisa jd alternative tambahan buat kenyamanan kita di bunaken
3. Sblm nyemplung ke air, sebaiknya dah pesan makanan, jadi abis snorkeling bisa langsung makan deh
4. Jangan kaget klo di cuekin ato di galakin ama yg punya warung coz menurut ku mereka mang kurang ramah, beda bgt dgn di Bali
5. Tissue basah juga wajib nih terutama buat cewek, bisa jd alternative untuk melap tubuh abis snorkeling ato klo pas mo ke toilet, maklum di sana air buat bilas susah.

Pesan moral dari traveling ku kali ini

“Indonesia sangat luas dan indah, jadi buat liburan knp harus ke luar negeri??”




ps: foto underwater bunaken minjem di Om Google

Tidak ada komentar: